Jejak Petualang Trans7 Jajaki Rafting dan Abseiling di Asahan

Pemuda dan Mapala Asahan Bertualang Bersama Jejak Petualang Trans7

Program Televisi Nasional Trans7 bertajuk Jejak Petualang menjajaki beberapa objek wisata alam di Kabupaten Asahan baru-baru ini pada pertengahan Desember 2023. Dalam program acara eksplorasi sumber daya wisata alam dan olahraga ekstrim Indonesia itu, Tim Jejak Petualang Trans7 berkolaborasi dengan kelompok pemuda dan mahasiswa yang merupakan penggiat olahraga ekstrim dan penggiat alam.

Beberapa olahraga ekstrim di Kabupaten Asahan yang berhasil dijajaki Jejak Petualang Trans7 adalah rafting (arung jeram) di Sungai Asahan dan abseiling di Air Terjun Simanik-Manik (Alam Tani) Desa Lobu Rappa Kecamatan Aek Songsongan. Diketahui, Sungai Asahan di Desa Tangga Kabupaten Asahan merupakan sungai dengan jeram terbaik urutan ketiga di dunia setelah Sungai Zambesi di Afrika dan Sungai Colorado di Amerika Serikat.


Menjajaki Rafting di Sungai Asahan

Saat menjajaki jeram di Sungai Asahan bersama Asahan River Adventure (ARA), perahu Tim Jejak Petualang  @jejakpetualang_trans7 sempat mengalami accident (jungkir balik -pen) sebab tidak seimbang ketika melewati jeram yang kian gagah. Spontan situasi menjadi panik sekaligus seru.

Host Jejak Petualang Chiara Pragha @chiarapragha sempat menghilang dari lane beberapa saat namun kembali berhasil mencapai perahu meskipun tanpa item helmet dan pedalnya karena terlanjur hanyut. Sesaat kemudian, semua tim kembali berjeram seru di Sungai Asahan, menepikan perahu untuk singgah di Air Terjun Batu Lompat. Menyicipi air sekaligus keindahan alam Kabupaten Asahan.



Abseiling di Air Terjun Simanik-Manik (Alam Tani)

Penjajakan beralih ke olahraga ekstrim lainnya di Kabupaten Asahan. Main abseiling di atas air tejun ketinggian 18 meter di Air Terjun Simanik-Manik (Alam Tani) yang terletak di Desa Lobu Rappa Kecamatan Aek Songsongan Kabupaten Asahan.

Abseiling merupakan olahraga menuruni tebing menggunakan tali karmantel. Dalam olahraga ini pengetahuan tentang tali-temali, ketelitian, fokus, kekuatan mental, dan fisik akan diuji. Keamanan peralatan, pemasangan, sampai penggunaan akan berdampak langsung pada keselamatan penggunanya.

Menjajaki olahraga ekstrim ini, Tim Jejak Petualang Trans7 bersama Mahasiswa Pecinta Alam Asahan berhasil menaklukkan derasnya debit Air Terjun Simanik-Manik (Alam Tani). Chiara Pragha @chiarapragha meskipun sebelumnya pernah menjajaki abseiling dari ketinggian 30 hingga 50 meter mengungkapkan pengalaman seru dan luar biasa ketika kali ini menjajaki abseiling di Air Terjun Simanik-Manik (Alam Tani) ini.


Posting Komentar

Jangan tinggalkan apapun, kecuali jejak.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak