Sejarah Mapala di Indonesia

sejarah mapala di indonesia
Soe Hok Gie (1942 - 1969)

Organisasi Mahasiswa Pecina Alam pertama kali didirikan di Universitas Indoneisa pada 12 Desember 1964 oleh Soe Hok Gie seorang aktivis yang juga mahasiswa almamater Fakultas Sastra Universitas Indonesia. Dibentuknya Mapala berasal dari pemikiran Gie yang jenuh akan situasi politik pada saat itu. Gie yang aktif dalam berbagai kegiatan mahasiswa bersama para sahabatnya kemudian mendirikan suatu organisasi mahasiswa pecinta alam yang diberi nama Mapala Prajnaparamita. Prajnaparamita yang berarti Dewi Pengetahuan.

Tujuan dibentuknya mapala oleh Soe Hok Gie, dkk adalah menjadi wadah berkumpulnya berbagai kelompok mahasiswa. Bersama Mapala UI Gie pernah berencana menaklukkan Gunung Semeru yang tingginya 3.676m. Saat mencari pendanaan, banyak yang bertanya kenapa naik gunung dan Gie berkata kepada teman-temannya:

....Kami jelaskan apa sebenarnya tujuan kami. Kami katakan bahwa kami adalah manusia-manusia yang tidak percaya pada slogan. Patriotisme tidak mungkin tumbuh dari hipokrisi dan slogan-slogan. Seseorang hanya dapat mencintai sesuatu secara sehat kalau ia mengenal objeknya. Dan mencintai tanah air Indonesia dapat ditumbuhkan dengan mengenal Indonesia bersama rakyatnya dari dekat. Pertumbuhan jiwa yang sehat dari pemuda harus berarti pula pertumbuhan fisik yang sehat. Karena itulah kami naik gunung.

Hingga kini, organisasi mahasiswa pecinta alam terus tumbuh dan berkembang di berbagai kampus di Indonesia. Hingga banyak bermunculan komunitas-komunitas dan organisasi siswa yang berbasis Pecinta Alam. Tentunya dengan tujuan yang sama, yaitu mencintai Indonesia dan rakyatnya dari dekat.

Posting Komentar

Jangan tinggalkan apapun, kecuali jejak.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak