Sekilas Tentang Manta Ray, Hewan Laut yang Banyak Diburu untuk Obat Demam

Sekilas Tentang Manta Ray, Hewan Laut yang Banyak Diburu untuk Obat Demam

Manta ray memiliki struktur penyaring khusus di mulut mereka yang disebut dengan insang penyaring (gill rakers). Struktur ini digunakan untuk menyaring makanan dari air. Saat air yang kaya plankton masuk ke mulut manta ray, insang penyaring ini akan menyapu plankton dari air dan mendorongnya kembali ke kerongkongan.

Sementara itu, air mengalir melewati insang untuk mendapatkan oksigen dan keluar melalui celah insang di bagian perut. Sedihnya, insang penyaring manta ray ternyata sangat diminati untuk digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok (TCM), meskipun secara historis tidak digunakan untuk tujuan ini.

Insang penyaring ini dikeringkan dan dijual di pasar Asia, konon dapat mempercepat pemulihan dari demam. Akan tetapi, penting untuk dicatat bahwa klaim khasiat obat ini tidak didukung oleh sains maupun teks pengobatan tradisional Tiongkok.

Permintaan tinggi inilah yang menyebabkan peningkatan tajam dalam penangkapan manta ray, yang menjadi perhatian mengingat pertumbuhan mereka yang lambat dan tingkat reproduksi yang rendah.

Kontributor

Seorang Entrepreneur, Professional Networker, dan Penulis yang senang berbagi segala hal mengenai Hukum, Lingkungan, dan Sosial Budaya.

Posting Komentar

Jangan tinggalkan apapun, kecuali jejak.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak