Kumbang Sampah, Hewan Menjijikkan Si Penyeimbang Ekosistem

Kumbang Sampah, Hewan Menjijikkan Si Penyeimbang Ekosistem
Foto: animals.sandiegozoo.org
Dung Beetle atau Kumbang Sampah atau Kumbang Tinja atau Scarab adalah hewan kecil, bau, dan menjijikkan. Meski begitu, hewan ini telah dinobatkan sebagai salah satu serangga terkuat di dunia, ya bahkan hewan terkuat di dunia. Betapa tidak? hewan yang berukuran paling besar mencapai +/- 4 cm ini mampu mengangkat dan menggelindingkan kotoran yang beratnya mencapai 1141 kali berat badannya. WOW! ini ibarat seorang manusia yang menarik / mendorong dua bus besar yang full seat.

Dung Beetle, salah satu karakter unik yang muncul dalam serial animasi 'Larva' ini dalam perannya selalu terlihat mendorong gundukkan tanah yang beraroma tak sedap menggunakan kaki belakangnya atau berjalan mundur, sesekali juga terlihat sedang mengumpulkan dan menciptakan bulatan tanah yang besar.

Pada kenyataannya, manusia dan penghuni bumi lain telah berhutang kepada hewan menjijikkan ini. Dengan citra yang demikian negatif dan konyol itu, hewan ini oleh para peneliti dijadikan indikator alami dalam penelitian kerusakan hutan tropis yang diakibatkan oleh aktivitas manusia karena keberadaan spesies hewan ini sebanding dengan kondisi ekosistem hutan.

Selain itu, hewan pecinta kotoran ini mampu menjaga keseimbangan regenerasi hutan dengan tingkah konyolnya mencari mengumpulkan dan mendorong mundur gundukan kotoran, yang mana secara alamiah kekonyolan itu dapat menyebarkan bank biji, penyerbukan tumbuhan, dan pemerataan jamur dan mikroba.

Dengan kata lain hewan 'lucu' ini turut menjadi aktor pelestarian dan keberlangsungan kehidupan di bumi.
Saluut. . .

Posting Komentar

Jangan tinggalkan apapun, kecuali jejak.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak